NAMOO UPVC

Mengenal Bahan Baku Kusen Yang Sering Digunakan

Kusen
Table of Contents

Bahan baku kusen yang sering digunakan ada bermacam-macam. Hal ini dibuat berdasarkan jenis jendela atau pintu yang diminta. Tidak sembarang bahan baku bisa dibuat dan dikombinasikan. Bukannya tampak indah, malah kombinasi tersebut membuat rumah tampak aneh. Kusen menjadi komponen yang wajib ada saat hendak memasang jendela dan pintu. Tidak adanya komponen itu, jendela dan pintu tidak akan bisa berdiri seperti yang kita lihat saat ini. Selain itu, varian bahan bakunya semakin variatif seiring berjalannya waktu.

Perkembangan Bahan Baku Kusen

Siapa kira, dulunya kusen hanya terbuat dari kayu. Pembuat jendela memanfaatkan kayu yang ada di lingkungan sekitar untuk membuat kusen jendela dan pintu. Dalam perjalanannya, kusen kayu mengalami berbagai kendala. Di antaranya terjadi kekeroposan dan kerap dimakan rayap. Masalah-masalah itulah yang membuat bahan baku mengalami perkembangan dan muncul variatifnya. Kini bahan bakunya bukan hanya dari kayu saja. Melainkan ada besi, aluminium hingga yang terakhir adalah uPVC. Dari bahan-bahan tersebut hanya uPVC yang memiliki kualitas terbaik.

Bahan Baku yang Sering Digunakan untuk Membuat Kusen Jendela dan Pintu

Ketika hendak memasang jendela atau pintu pada rumah baru, Anda sebaiknya perlu mengenali bahan bakunya. Karena, ditakutkan bahan yang dipilih akan mengecewakan dan tidak bisa tahan lama. Berikut ini bahan baku yang sering digunakan:

1. Bahan Baku Kayu

Zaman dulu bahan baku kayu menjadi bahan yang sering digunakan untuk membuat kusen jendela dan pintu. Mungkin karena keterbatasan zaman itu, orang-orang lebih memilih menggunakan kayu ketimbang bahan lainnya. Bahan baku kayu ini sebenarnya bagus. Hanya saja memang harus memerlukan perawatan khusus. Karena, kayu sering keropos dan tidak bisa menahan panas terlalu kuat. Belum lagi, ada rayap yang menggerogotinya tanpa sepengetahuan kita. Makanya kusen jendela dan pintu rumah zaman dulu sering keropos dan dimakan rayap. Hal itulah yang menjadi kelemahan dari bahan baku tersebut.

Cari UPVC Berkualitas di Medan? Hubungi Kami di 0812-2000-2509

2. Bahan Baku Alumunium

Bahan baku aluminium menjadi alternatif ketika bahan kayu sudah tidak bisa diandalkan lagi. Bahan ini mempunyai pencahayaan yang bagus. Rumah bisa menjadi lebih terang ketika menggunakan kusen berbahan ini. Tak hanya itu, bahan baku aluminium ini juga tergolong mudah perawatannya. Tidak perlu seekstrem merawat bahan baku kayu. Aluminium juga tahan dengan berbagai cuaca. Sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Hanya kelemahan yang dimiliki adalah mudah mengalami kebocoran walaupun tidak terlalu berat.

Baca Juga ini:  Kelebihan Menggunakan Pintu UPVC Kamar Tidur Yang Harus Diketahui

3. Bahan Baku PVC

Bahan baku yang satu ini juga sering digunakan untuk bahan pipa. Mungkin Anda tidak akan mengira jika PVC bisa digunakan untuk membuat kusen jendela dan pintu. Namun sayangnya bahannya tidak awet dan hanya bisa digunakan dalam waktu singkat saja. Karena, bahan PVC kurang kuat dan mudah patah.

4. Bahan Baku UPVC

Bahan baku terbaru dan sedang tren adalah uPVC. Bahan ini dijuluki penyempurna bagi bahan-bahan baku sebelumnya. Saat ini hampir semua rumah modern menggunakan kusen berbahan uPVC. Kualitasnya yang bagus membuat orang banyak memilihnya. Selain itu, harganya juga masih terjangkau. Jadi, mau tidak mau sebagian orang beralih ke uPVC untuk pembuatan kusen jendela dan pintu rumah. Banyak kelebihan yang didapat ketika menggunakan ini.

Namoo uPVC Windows & Doors. Distributor uPVC Medan ini senantiasa memberikan garansi pada pembeli. Bagaimana cara membelinya? Kunjungi saja webnya namooupvc.com di sana tersedia banyak bahan uPVC dan juga tersedia jasa pembuatan jendela. Itulah beberapa bahan baku kusen jendela dan pintu yang sering digunakan. Semuanya tentu memiliki kelemahan dan kelebihan. Namun, di antara bahan baku tersebut, hanya uPVC yang memiliki keistimewaan dan kualitasnya tidak diragukan lagi.

Baca juga: Tips Memilih Pabrik Jendela UPVC Medan Terdekat dan Termurah

Tags:
Bagikan:
WhatsApp
Facebook
Twitter
Email
Terbaru

Artikel Lainnya

GRATIS!
Ayo berlangganan dengan kami untuk mengetahui Artikel terbaru

Kami akan memberikan info berita dan artikel terbaru di email Anda! No Spam dijamin bermanfaat

Yuk Chat Kami
Ada yang bisa saya bantu?
Halo
Ada yang bisa saya bantu?