NAMOO UPVC

Simak! Inilah Jenis dan Fungsi Kaca Tempered atau Tempered Glass

Jenis dan Fungsi Kaca Tempered
Table of Contents

Sedang mencari tahu tentang jenis dan fungsi kaca tempered? Sebenarnya beberapa orang juga mengenali kaca ini dengan sebutan tempered glass. Pembuatan kaca jenis ini melalui proses tempering, tujuannya untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanannya. 

Proses tempering melibatkan pemanasan kaca hingga suhu tinggi dan kemudian mendinginkannya secara cepat namun tetap terkontrol. Proses ini akan menghasilkan kaca yang lebih kuat, lebih tahan terhadap benturan, dan memiliki sifat pecah yang lebih aman.

Jenis Kaca Tempered

Terdapat berbagai jenis kaca tempered yang memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Berikut jenis dan fungsi kaca tempered tersebut:

1. Kaca Clear Tempered Glass

Jenis Kaca Clear tempered glass adalah jenis kaca tempered yang transparan dan jernih. Sebagian orang sering menggunakan kaca jenis ini dalam aplikasi yang membutuhkan kejernihan visual, seperti jendela, pintu kaca, meja kaca, atau panel kaca.

2. Kaca Laminated Tempered Glass

Kaca ini terdiri dari dua atau lebih lapisan kaca yang diikat bersama-sama menggunakan lapisan plastik yang kuat di tengahnya. Laminasi ini memberikan kekuatan tambahan pada kaca dan juga membuatnya lebih aman ketika pecah. 

Karena sifat keamanannya, sebagian orang sering menggunakan kaca laminasi dalam aplikasi keamanan, seperti jendela kaca gedung tinggi, atap kaca, atau kaca mobil.

3. Kaca Reflective Tempered Glass

Kaca Reflective tempered glass memiliki lapisan reflektif pada permukaannya. Lapisan ini membantu mengurangi panas dan sinar matahari yang masuk ke dalam bangunan, sehingga membantu mengontrol suhu dan mengurangi silau. 

Baca Juga ini:  Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kaca Tempered, Wajib Tahu!

Kaca Reflective Tempered Glass sering digunakan pada fasad bangunan, kaca jendela, atau aplikasi arsitektur lainnya di mana pengendalian panas dan pencahayaan yang efisien sangat penting.

4. Kaca Tinted Tempered Glass

Kaca Tinted tempered glass adalah jenis kaca tempered yang proses pembuatannya dengan memberikan warna pada bahan kaca sebelum proses tempering. Warna ini memberikan efek penahanan panas dari sinar matahari. 

Beberapa orang juga menggunakan kaca Tinted tempered glass pada jendela gedung perkantoran dan juga rumah untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan.

5. Kaca Frosted Tempered Glass

Kaca Frosted tempered glass memiliki permukaan yang diubah menjadi buram atau kabur, sehingga tidak dapat tembus pandang sepenuhnya. Proses frosted menciptakan translusen pada kaca. 

Kaca Frosted Tempered Glass dapat Anda gunakan pada pintu kaca, partisi kaca, atau dekorasi interior untuk memberikan privasi namun tetap memungkinkan pencahayaan alami masuk.

Fungsi Kaca Tempered dalam Berbagai Bidang

Kaca tempered memiliki banyak sekali fungsi, maka tak heran jika berbagai bidang memerlukan kaca ini untuk digunakan. Beberapa fungsi tersebut meliputi:

1. Fungsi Kaca Tempered di Bidang Konstruksi Bangunan

Kaca jenis ini dapat Anda gunakan untuk jendela, pintu, dinding kaca, partisi, dan fasad bangunan. Kekuatan dan ketahanan kaca tempered menjadikannya pilihan yang aman dan tahan lama untuk aplikasi eksterior dan interior bangunan.

Baca Juga ini:  Distributor Pintu Tempered Glass Medan Terjangkau dan Berkualitas

2. Dalam Bidang Otomotif

Kaca tempered dapat Anda gunakan dalam pembuatan kaca mobil. Kelebihan kekuatan dan sifat pecah yang lebih aman membuatnya lebih tahan terhadap benturan dan meminimalkan cedera jika terjadi kecelakaan. 

3. Di Bidang Interior Desain

Kaca tempered memberikan keindahan visual dan estetika dalam desain interior dan dapat Anda gunakan dalam pembuatan meja, rak, backsplash dapur, partisi ruangan, lemari kaca, tangga kaca, dan elemen dekoratif lainnya. Selain itu, kaca ini dapat memberikan efek transparansi, pencahayaan alami, dan kesan ruang yang terbuka.

4. Dalam Pembuatan Perabotan Rumah Tangga

Kaca tempered dapat Anda gunakan dalam pembuatan perabotan rumah tangga seperti lemari, meja, dan rak. Kekuatan dan ketahanan kaca tempered menjadikannya pilihan yang aman dan kokoh untuk digunakan dalam perabotan.

5. Industri Elektronik

Kaca tempered bisa Anda gunakan dalam industri elektronik, terutama dalam produksi layar LCD, monitor komputer, televisi, dan perangkat elektronik lainnya. Kekuatan kaca tempered menjadikannya tahan terhadap tekanan dan benturan, serta memberikan perlindungan terhadap suhu tinggi yang dihasilkan oleh perangkat elektronik. 

Setelah membaca ulasan artikel diatas, sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja jenis dan fungsi kaca tempered? Jika Anda berniat membeli kaca jenis ini maka kami menyarankan untuk mengunjungi situs www.namooupvc.com atau kunjungi instagram kami namoo.upvc untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Cari UPVC Berkualitas di Medan? Hubungi Kami di 0812-2000-2509

Tags:
Bagikan:
WhatsApp
Facebook
Twitter
Email
Terbaru

Artikel Lainnya

GRATIS!
Ayo berlangganan dengan kami untuk mengetahui Artikel terbaru

Kami akan memberikan info berita dan artikel terbaru di email Anda! No Spam dijamin bermanfaat

Yuk Chat Kami
Ada yang bisa saya bantu?
Halo
Ada yang bisa saya bantu?